Halo para kaum touchscreen. Hari ini gue mau menganalisa Nestle KitKat yang namanya udah gak asing lagi. Dengan Tagline "ada break ada kitkat" kita udah pasti tau produk KitKat satu ini dengan suara khas patahannya di dunia periklanan.
namun kali ini gue mau membahas KitKat ini di negara maju yaitu Jepang. Kenapa? karena ada yang unik nih dalam segi marketing produk ini di Jepang.
Di Jepang produk ini terbilang unik, karena produk KitKat ini bisa dibilang "KITTO KATSU" yang artinya "Surely Win" bahasa indonesianya "Pasti Menang" atau bahasa ngablaknya "asek lu menang dah". Bentar... tapikan ini beda banget sama tagline KitKat "Have a break, Have a KitKat". Bagi gue tagline ini gak ngeffect di Jepang. makanya tim marketing KitKat merubah menjadi "Kitto Katsu" yang sesuai dengan kebudayaan dan kebiasaan disana.
Dan cerdasnya Nestle membuat suatu strategi cerdas memanfaatkan kata-kata itu. Dan jadilah "KitKat Mail". Dengan metode ini KitKat tidak bersaing diranah retail market tetapi menjual produk ini di kantor pos. Maka dari itu tidak ada saingan di kantor pos. Kerennya produk ini sengaja ditaro didekat meja kantor pos dan tempat lain disekitaran kantor post dengan kepraktisan KitKat mail yang bisa langsung ditulis,stamp dan langsung dikirim.
Ditambah lagi warna packaging KitKat strawberry yang mengingatkan negara Jepang yaitu dengan bunga sakuranya dan varian rasa Kit-Kat lainnya.
Jadi target audience yang ditunjukan ini sudah pasti menuju masyarakat Jepang dengan kebiasaan mereka mengucapkan kata "(がんばって(Ganbatte)" kepada orang lain. Coba aja perhatiin AKB48/JKT48. Sampai-sampai konsep ini didukung oleh masyarakat Jepang.
Dan tentu sudah ketauan target market yang dituju adalah semua kalangan. karena sudah jelas konsep ini bisa untuk siapa saja. dari strategi ini Nestle KitKat berhasil membuat pasar yang besar disana.walau produk KitKat ini bukan berasal dari Jepang melainkan Inggris.
namun kali ini gue mau membahas KitKat ini di negara maju yaitu Jepang. Kenapa? karena ada yang unik nih dalam segi marketing produk ini di Jepang.
Di Jepang produk ini terbilang unik, karena produk KitKat ini bisa dibilang "KITTO KATSU" yang artinya "Surely Win" bahasa indonesianya "Pasti Menang" atau bahasa ngablaknya "asek lu menang dah". Bentar... tapikan ini beda banget sama tagline KitKat "Have a break, Have a KitKat". Bagi gue tagline ini gak ngeffect di Jepang. makanya tim marketing KitKat merubah menjadi "Kitto Katsu" yang sesuai dengan kebudayaan dan kebiasaan disana.
Dan cerdasnya Nestle membuat suatu strategi cerdas memanfaatkan kata-kata itu. Dan jadilah "KitKat Mail". Dengan metode ini KitKat tidak bersaing diranah retail market tetapi menjual produk ini di kantor pos. Maka dari itu tidak ada saingan di kantor pos. Kerennya produk ini sengaja ditaro didekat meja kantor pos dan tempat lain disekitaran kantor post dengan kepraktisan KitKat mail yang bisa langsung ditulis,stamp dan langsung dikirim.
Ditambah lagi warna packaging KitKat strawberry yang mengingatkan negara Jepang yaitu dengan bunga sakuranya dan varian rasa Kit-Kat lainnya.
Jadi target audience yang ditunjukan ini sudah pasti menuju masyarakat Jepang dengan kebiasaan mereka mengucapkan kata "(がんばって(Ganbatte)" kepada orang lain. Coba aja perhatiin AKB48/JKT48. Sampai-sampai konsep ini didukung oleh masyarakat Jepang.
Dan tentu sudah ketauan target market yang dituju adalah semua kalangan. karena sudah jelas konsep ini bisa untuk siapa saja. dari strategi ini Nestle KitKat berhasil membuat pasar yang besar disana.walau produk KitKat ini bukan berasal dari Jepang melainkan Inggris.
Comments
Post a Comment