Halo pahlawan dibalik layar monitor, masih tentang dunia perdesainan duniawi yang selalu menarik. Kali ini gue akan mengulas elemen desain yang terdapat pada sebuah iklan cetak.
Mari kita bahas elemen desain dari iklan sabun mandi dari produk Lux
COMPOSITION:
Komposisi yang terdapat pada iklan ini adalah asymmetrical composition karena posisi elemen headline dan body
copy yang berjauhan tetapi bisa dibilang tetap balance.
Mari kita bahas elemen desain dari iklan sabun mandi dari produk Lux
PRODUCT : Lux Body Wash
COMPANY : Unilever
PURPOSE : Memberikan sensasi kulit harum yang alami dan lembut
HEADLINE : Alami sensasi yang lebih dari sebelumnya
IMAGE : Terlihat seorang wanita yang mengenakan dress berwana merah berpose menggoda. Dengan tangan sebelah kanan yang memegang kulit dengan dilengkapi visual strawberry yang senada dengan grafis soft rose yang mengikuti gerakan wanita tersebut. Di bagian background ditambahkan sun lens flare berwarna ungu muda ke ungu tua.
COPY : Lux baru
SLOGAN : Tampilkan pesona cantikmu
LOGO : Logo LUX terdapat di kanan pojok atas
PRIMARY FEATURES
COLOR : Warnaan yang digunakan untuk poster
iklan LUX body wash adalah warna contrast, terlihat pada poster
tersebut menggunakan warna soft pink pada visual garis dan merah muda pada strawberry. Untuk pewarnaan background menggunakan warna monochromatic yaitu ungu ke ungu tua
DIMENSIONS :
Dimensi yang dipakai pada gambar
adalah 3 dimensi, Karena model difoto menggunakan tekhnik photography ditambah foto product yang memberikan dimensi berbeda disetiap varian
LINE : Curves
Line terdapat pada grafis soft rose yang seperti selendang
MASS : Volume
yang terdapat pada iklan ini bisa dilihat dari varian LUX body washnya. Yang dimana kita dapat melihat perbedaan dimensi pada produknya atau
merupakan gambar 3 dimensi.
MEDIUM : Digital Print Ad/Poster.
SCALE : Proporsi wanita dengan elemen soft rose yang berbentuk selendang sangat terlihat pas, bisa dibilang tidak melebihi proporsi model wanitanya. berlanjut pada ukuran buah strawberry yang tidak terlalu kecil namun pas. Diakhiri dengan varian LUX yang tidak terlalu besar namun tetap terlihat.
TYPOGRAPHY :
Sans Serif.
SPACE : Minim bidang yang kosong terlihat dari backgroundnya, karena menggunakan warna yang monochromatic membentuk sun lens flare dari warna ungu muda ke ungu tua.
TEXTURE : Tekstur yang terlihat pada iklan ini yaitu pada selendang dan juga pada dress yang digunakan.
VALUE : Nilai Warna yang dapat kita lihat pada iklan ini adalah Tint. Bisa dilihat secara keseluruhan nilai cahaya
dengan pigment putih cukup terlihat.
SECONDARY FEATURES
BALANCE : Asymmetrical
Balance, bisa dilihat pada model wanitanya yang sudah tidak balance lalu juga pada bagian kanan terdapat ruang kosong yang cukup terlihat daripada yang sebelah kiri
UNITY : Menurut gue komposisi dari iklan ini bisa dibilang
Unity. Karena elemen satu ke elemen lainnya berkaitkan maka dari itu jika dilihat sebagai
satu kesatuan.
PROPORTION: Ukuran varian dari LUX body wash bisa
dibilang cukup pas karena tidak terlalu kekecilan sehingga tetap bisa dilihat dan tidak menggangu model
yang menjadi visual utamanya.
EMPHASIS: Pemilihan warna serta posisi sangat terlihat emphasisnya pada model. Itulah yang menjadikannya focus utamanya.
Comments
Post a Comment