Skip to main content

ELEMENTS OF ADVERTISING

Halo pahlawan dibalik layar monitor, masih tentang dunia perdesainan duniawi yang selalu menarik. Kali ini gue akan mengulas elemen desain yang terdapat pada sebuah iklan cetak.

Mari kita bahas elemen desain dari iklan sabun mandi dari produk Lux

 
PRODUCT :  Lux Body Wash

COMPANY :  Unilever

PURPOSE :  Memberikan sensasi kulit harum yang alami dan lembut

HEADLINE :  Alami sensasi yang lebih dari sebelumnya

IMAGE : Terlihat seorang wanita yang mengenakan dress berwana merah berpose menggoda. Dengan tangan sebelah kanan yang memegang kulit dengan dilengkapi visual strawberry yang senada dengan grafis soft rose yang mengikuti gerakan wanita tersebut. Di bagian background ditambahkan sun lens flare berwarna ungu muda ke ungu tua.
 
COPY : Lux baru

SLOGAN : Tampilkan pesona cantikmu

LOGO : Logo LUX terdapat di kanan pojok atas

PRIMARY FEATURES

COLOR :  Warnaan yang digunakan untuk poster iklan LUX body wash adalah warna contrast, terlihat pada poster tersebut menggunakan warna soft pink pada visual garis dan merah muda pada strawberry. Untuk pewarnaan background menggunakan warna monochromatic yaitu ungu ke ungu tua

DIMENSIONS :  Dimensi yang dipakai pada gambar adalah 3 dimensi, Karena model difoto menggunakan tekhnik photography ditambah foto product yang memberikan dimensi berbeda disetiap varian

LINE : Curves Line terdapat pada grafis soft rose yang seperti selendang

MASS : Volume yang terdapat pada iklan ini bisa dilihat dari varian LUX body washnya. Yang dimana kita dapat melihat perbedaan dimensi pada produknya atau merupakan gambar 3 dimensi.

MEDIUM : Digital Print Ad/Poster.

SCALE :  Proporsi wanita dengan elemen soft rose yang berbentuk selendang sangat terlihat pas, bisa dibilang tidak melebihi proporsi model wanitanya. berlanjut pada ukuran buah strawberry yang tidak terlalu kecil namun pas. Diakhiri dengan varian LUX yang tidak terlalu besar namun tetap terlihat.

TYPOGRAPHY : Sans Serif.

SPACE :  Minim bidang yang kosong terlihat dari backgroundnya, karena menggunakan warna yang monochromatic membentuk sun lens flare dari warna ungu muda ke ungu tua.

TEXTURE :  Tekstur yang terlihat pada iklan ini yaitu pada selendang dan juga pada dress yang digunakan.

VALUE :  Nilai Warna yang dapat kita lihat pada iklan ini adalah Tint. Bisa dilihat secara keseluruhan nilai cahaya dengan pigment putih cukup terlihat.



SECONDARY FEATURES

BALANCE : Asymmetrical Balance, bisa dilihat pada model wanitanya yang sudah tidak balance lalu juga pada bagian kanan terdapat ruang kosong yang cukup terlihat daripada yang sebelah kiri

UNITY : Menurut gue komposisi dari iklan ini bisa dibilang Unity. Karena elemen satu ke elemen lainnya berkaitkan maka dari itu jika dilihat sebagai satu kesatuan.

PROPORTION: Ukuran varian dari LUX body wash bisa dibilang cukup pas karena tidak terlalu kekecilan sehingga tetap bisa dilihat dan tidak menggangu model yang menjadi visual utamanya.

EMPHASIS: Pemilihan warna serta posisi sangat terlihat emphasisnya pada model. Itulah yang menjadikannya focus utamanya.

COMPOSITION: Komposisi yang terdapat pada iklan ini adalah asymmetrical composition karena posisi elemen headline dan body copy yang berjauhan tetapi bisa dibilang tetap balance.

Comments

Popular posts from this blog

The Most Influentil Message Ever | Star Mild Obsesi Fotografi

                    Hmm... nampaknya banyak banget nih yang gatau iklan Star Mild karya Dimas Djayaningrat. Di iklan ini ada orang yang terobsesi menjadi fotografer dan mendapatkan moment kecelakaan tak terduga dan ngeselinnya si korban harus ngasih ekspresi muka yang tidak natural kayak acting meringis kesakitan ala sinetron indonesia. tapi dibalik itu iklan ini memberikan impact ke gue yang lumayan kerasa sampe sekarang nih *azek. Gue inget banget ini iklan tahun 2007 dan dimana ditahun itu gue baru megang kamera pocket sodara gue yang lumayan agak mahal *ceilah gaya. Karena dulu lagi suka-sukanya foto dan ngelihati iklan ini gue jadi ngerasaiin vibe obsesi yang sama *ya maklum dulukan masih bocah.            Tapi dibalik iklan ini banyak banget makna menyindir di kehidupan sosial. Contohnya pada tahun itu orang yang memegang kamera bisa dibilang orang yang lumayan kaya pada masa itu sekaligus pada saat itu orang sangat menjaga privacynya ketika ada orang yang mau foto dirinya. T

My Big Fat Competitor

Halo para kaum nunduk. Di postingan kali ini gue akan menjadi anggota detective conan. karena gue disuruh riset makanan favorit gue walau bikin seret untuk dijadiin bahan saingan product gue. keren kan? pas riset trus foto product makanan ini di minimarket berasa ngintipin pacar mandi *eh. product yang gue riset adalah Choco-Pie dari Delfi. Choco-pie ini Salah satu merk kue berlapis coklat tebal yang didalamnya berisi marshmallow lembut . product ini terbilang cukup jarang ditemuin di minimarket yang kecil. mari kita review mulai dari productnya! Brand Choco-pie menjadi salah satu kue lembut berlapis coklat yang mendapatkan best selling di Korea. Dengan konsep "Enaknya santai bareng choco-pie" menjadikan produk ini laku dikalangan remaja hingga anak kuliahan. menurut social media delfiorion @delfiorion Choco-pie ini pas banget dimakan dikala istirahat atau menunda laper.  Beberapa info tentang Choco-Pie Delfiorion: CONTACT INFO m.me/DelfiOrion

Nestle KitKat - Kittu Kitsu | Analisa Produk Kitkat

Halo para kaum touchscreen. Hari ini gue mau menganalisa Nestle KitKat yang namanya udah gak asing lagi. Dengan Tagline "ada break ada kitkat" kita udah pasti tau produk KitKat satu ini dengan suara khas patahannya di dunia periklanan. namun kali ini gue mau membahas KitKat ini di negara maju yaitu Jepang. Kenapa? karena ada yang unik nih dalam segi marketing produk ini di Jepang. Di Jepang produk ini terbilang unik, karena produk KitKat ini bisa dibilang "KITTO KATSU" yang artinya "Surely Win" bahasa indonesianya "Pasti Menang" atau bahasa ngablaknya "asek lu menang dah". Bentar... tapikan ini beda banget sama tagline KitKat "Have a break, Have a KitKat". Bagi gue tagline ini gak ngeffect di Jepang. makanya tim marketing KitKat merubah menjadi "Kitto Katsu" yang sesuai dengan kebudayaan dan kebiasaan disana. Dan cerdasnya Nestle membuat suatu strategi cerdas memanfaatkan kata-kata itu. Dan jadilah &q