Skip to main content

Elements and Principles Design of TVC

Halo pejuang internet, kali ini gue akan membahas elemen-elemen dan prinsip desain pada sebuah iklan. Yaitu iklan TVC Baygon Split screen (2002)

PRIMARY FEATURE
  • Terdapat 2 karakter utama dalam iklan, yaitu 2 orang laki-laki. Tepat di detik 01 terdapat type shot close up memperlihat obat nyamuk yang digunakan. Lalu pada detik ke 02 mengambil tekhnik shot medium long shot untuk memperlihatkan 2 karakter utama secara utuh. Lanjut didetik 003 hingga 007 shot menggunakan tekhnik close up di combine dengan cut to cut. ada beberapa teknik croppingan yang sangat rapih di detik 009 pada saat memukul bantal ke lawan main karakter. padahal gambar itu terputus. Lalu di 10 detik hingga 27 detik  menggunakan cut to cut dengan beberapa kombinasi type shot medium close up dengan close up.
  • Pergerakan camera/ camera movement terdapat pada iklan hanya Still dan juga tilt. Untuk kamera movement tilt terlihat pada akhir video sebelum logo baygon muncul
  • Dimension iklan ini 480x380 (4:3).480/p,DV NTSC.
  • Medium yang digunakan untuk iklan ini adalah Digital Televisi Commercial.
  • Texture yang terdapat pada iklan ini bisa dibilang lumayan banyak yaitu ada pada tekstur kayu, meja, sarung, kasur, baju, obat nyamuk, wajah,rambut,lampu,bantal hingga nyamuknya.
  • Penggunaan teks dalam iklan ini sangat diki, hanya terdapat pada tulisan "Baygon" dan "Jaminan Mutu"menggunakan font san serif
  • Value yang terdapat pada iklan ini dari awal iklan hingga akhir menggunakan pilihan warna- warna yang sedikit gelap dan juga warna Tone.Dapat dikatakan tidak adanya perubahan yang kontras.

  • Warna pada iklan ini terbilang konsisten. Yang dimana dari awal hingga akhir menggunakan warna dengan Tone yang tidak terlalu gelap kemudian adanya warna shade, jenis warna yang terdapat juga warna-warna analog.

  • Scale pada iklan ini terlihat pada karakter laki-laki berbaju hijau dengan produk baygon yang memiliki perbandingan pas tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar juga.  
 
 SECONDARY FEATURES

  •  Balance yang terdapat pada iklan ini hampir semuanya Symmetrical Balance, yang dimana komposisinya bisa dilihat antara kiri dan kanan balance Pada 14 detik pertama terlihat itu Asymmetrical balance yang dimana kedua tokoh utama tidak berada di tengah. Lalu pada detik 17 terlihat Asmmetrical Balance karena visual lebih banyak ke di kiri gambar
  •  Repetition yang ada pada iklan ini saat karakter laki-laki berbaju kuning merasa terganggu karena nyamuk yaitu pada detik 02-06.
  • Emphasis pada iklan ini terlihat pada saat karakter laki-laki berbaju hijau memegang product baygon, karena warna logo baygon sangat berbeda dan mencolok
  • Proportion yang terdapat pada iklan bisa dilihat dari perbandingan ukuran nyamuk dengan karakter laki-laki berbaju kuning. Dengan ini bisa disimpulkan peran nyamuk sebagai direct visual.
  • Unity pada iklan ini terlihat karena keseluruhan color grading memakai konsep cool dengan penambahan Tone coklat mengarah ke Shade biru. Dilain hal komposisi gambar sangan Balance antara kanan dan kiri.

Comments

Popular posts from this blog

The Most Influentil Message Ever | Star Mild Obsesi Fotografi

                    Hmm... nampaknya banyak banget nih yang gatau iklan Star Mild karya Dimas Djayaningrat. Di iklan ini ada orang yang terobsesi menjadi fotografer dan mendapatkan moment kecelakaan tak terduga dan ngeselinnya si korban harus ngasih ekspresi muka yang tidak natural kayak acting meringis kesakitan ala sinetron indonesia. tapi dibalik itu iklan ini memberikan impact ke gue yang lumayan kerasa sampe sekarang nih *azek. Gue inget banget ini iklan tahun 2007 dan dimana ditahun itu gue baru megang kamera pocket sodara gue yang lumayan agak mahal *ceilah gaya. Karena dulu lagi suka-sukanya foto dan ngelihati iklan ini gue jadi ngerasaiin vibe obsesi yang sama *ya maklum dulukan masih bocah.            Tapi dibalik iklan ini banyak banget makna menyindir di kehidupan sosial. Contohnya pada tahun itu orang yang memegang kamera bisa dibilang orang yang lumayan kaya pada masa itu sekaligus pada saat itu orang sangat menjaga privacynya ketika ada orang yang mau foto dirinya. T

My Big Fat Competitor

Halo para kaum nunduk. Di postingan kali ini gue akan menjadi anggota detective conan. karena gue disuruh riset makanan favorit gue walau bikin seret untuk dijadiin bahan saingan product gue. keren kan? pas riset trus foto product makanan ini di minimarket berasa ngintipin pacar mandi *eh. product yang gue riset adalah Choco-Pie dari Delfi. Choco-pie ini Salah satu merk kue berlapis coklat tebal yang didalamnya berisi marshmallow lembut . product ini terbilang cukup jarang ditemuin di minimarket yang kecil. mari kita review mulai dari productnya! Brand Choco-pie menjadi salah satu kue lembut berlapis coklat yang mendapatkan best selling di Korea. Dengan konsep "Enaknya santai bareng choco-pie" menjadikan produk ini laku dikalangan remaja hingga anak kuliahan. menurut social media delfiorion @delfiorion Choco-pie ini pas banget dimakan dikala istirahat atau menunda laper.  Beberapa info tentang Choco-Pie Delfiorion: CONTACT INFO m.me/DelfiOrion

Nestle KitKat - Kittu Kitsu | Analisa Produk Kitkat

Halo para kaum touchscreen. Hari ini gue mau menganalisa Nestle KitKat yang namanya udah gak asing lagi. Dengan Tagline "ada break ada kitkat" kita udah pasti tau produk KitKat satu ini dengan suara khas patahannya di dunia periklanan. namun kali ini gue mau membahas KitKat ini di negara maju yaitu Jepang. Kenapa? karena ada yang unik nih dalam segi marketing produk ini di Jepang. Di Jepang produk ini terbilang unik, karena produk KitKat ini bisa dibilang "KITTO KATSU" yang artinya "Surely Win" bahasa indonesianya "Pasti Menang" atau bahasa ngablaknya "asek lu menang dah". Bentar... tapikan ini beda banget sama tagline KitKat "Have a break, Have a KitKat". Bagi gue tagline ini gak ngeffect di Jepang. makanya tim marketing KitKat merubah menjadi "Kitto Katsu" yang sesuai dengan kebudayaan dan kebiasaan disana. Dan cerdasnya Nestle membuat suatu strategi cerdas memanfaatkan kata-kata itu. Dan jadilah &q