Halo pejuang internet, kali ini gue akan membahas elemen-elemen dan prinsip desain pada sebuah iklan. Yaitu iklan TVC Baygon Split screen (2002)
PRIMARY FEATURE
PRIMARY FEATURE
- Terdapat 2 karakter utama dalam iklan, yaitu 2 orang laki-laki. Tepat di detik 01 terdapat type shot close up memperlihat obat nyamuk yang digunakan. Lalu pada detik ke 02 mengambil tekhnik shot medium long shot untuk memperlihatkan 2 karakter utama secara utuh. Lanjut didetik 003 hingga 007 shot menggunakan tekhnik close up di combine dengan cut to cut. ada beberapa teknik croppingan yang sangat rapih di detik 009 pada saat memukul bantal ke lawan main karakter. padahal gambar itu terputus. Lalu di 10 detik hingga 27 detik menggunakan cut to cut dengan beberapa kombinasi type shot medium close up dengan close up.
- Pergerakan camera/ camera movement terdapat pada iklan hanya Still dan juga tilt. Untuk kamera movement tilt terlihat pada akhir video sebelum logo baygon muncul
- Dimension iklan ini 480x380 (4:3).480/p,DV NTSC.
- Medium yang digunakan untuk iklan ini adalah Digital Televisi Commercial.
- Texture yang terdapat pada iklan ini bisa dibilang lumayan banyak yaitu ada pada tekstur kayu, meja, sarung, kasur, baju, obat nyamuk, wajah,rambut,lampu,bantal hingga nyamuknya.
- Penggunaan teks dalam iklan ini sangat diki, hanya terdapat pada tulisan "Baygon" dan "Jaminan Mutu"menggunakan font san serif
- Value yang terdapat pada iklan ini dari awal iklan hingga akhir menggunakan pilihan warna- warna yang sedikit gelap dan juga warna Tone.Dapat dikatakan tidak adanya perubahan yang kontras.
- Warna
pada iklan ini terbilang konsisten. Yang dimana dari
awal hingga akhir menggunakan warna dengan Tone yang tidak terlalu gelap
kemudian adanya warna shade, jenis warna yang terdapat juga warna-warna analog.
- Scale pada iklan ini terlihat pada karakter laki-laki berbaju hijau dengan produk baygon yang memiliki perbandingan pas tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar juga.
SECONDARY FEATURES
- Balance yang terdapat pada iklan ini hampir semuanya Symmetrical Balance, yang dimana komposisinya bisa dilihat antara kiri dan kanan balance Pada 14 detik pertama terlihat itu Asymmetrical balance yang dimana kedua tokoh utama tidak berada di tengah. Lalu pada detik 17 terlihat Asmmetrical Balance karena visual lebih banyak ke di kiri gambar
- Repetition yang ada pada iklan ini saat karakter laki-laki berbaju kuning merasa terganggu karena nyamuk yaitu pada detik 02-06.
- Emphasis pada iklan ini terlihat pada saat karakter laki-laki berbaju hijau memegang product baygon, karena warna logo baygon sangat berbeda dan mencolok
- Proportion yang terdapat pada iklan bisa dilihat dari perbandingan ukuran nyamuk dengan karakter laki-laki berbaju kuning. Dengan ini bisa disimpulkan peran nyamuk sebagai direct visual.
- Unity pada iklan ini terlihat karena keseluruhan color grading memakai konsep cool dengan penambahan Tone coklat mengarah ke Shade biru. Dilain hal komposisi gambar sangan Balance antara kanan dan kiri.
Comments
Post a Comment