Halo penikmat internet, kali ini gue akan mengulas asik sebuah CONTEXT design pada iklan. Emang apaan si CONTEXT itu? CONTEXT bisa dibilang sebuah pesan yang dimaknai baik melalui sejarahnya, budaya, politik,
psikologi, dan lain sebagainya. CONTEXT
juga bisa bantu kita untuk mengetahui bagaimana sebuah komunikasi
dibuat sehingga bisa efektif penyampaiannya kepada target yang kita tuju.
Nah! ternyata ada teori yang bisa menjelaskan penyampaian sebuah komunikasi. Kalian bisa liat disini
Dari video diatas, kita bisa mendapatkan beberapa point penting yaitu:
Nah! ternyata ada teori yang bisa menjelaskan penyampaian sebuah komunikasi. Kalian bisa liat disini
Dari video diatas, kita bisa mendapatkan beberapa point penting yaitu:
- Informasi yang memiliki nada positif lebih membuat audience merasa senang/baik
- Orang-orang lebih cenderung bisa mengubah keyakinan mereka ke arah pendapat yang diinginkan
- Informasi bisa mudah diambil oleh seseorang yang ingin mereka dengar dibandingkan informasi yang kurang mereka ketahui bahkan tidak mengetahuinya
- Penggunaan kata positif dapat memotivasi seseorang dan menghilangkan rasa takut
- Manusia lebih senang jika dipuji ataupun disanjung oleh orang lain.
Setelah kita tonton video yang diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa manusia lebih menghindari pesan negatif atau tidak menanggapi pesan tersebut karena target audience merasa itu bukan kabar baik. Tetapi kita bisa mengalahkan salah satu kelemahan manusia yaitu ingin merasa disanjung. Dengan cara ini pesan nada positif akan jauh lebih diterima dan efektif. Maka dari itu saya mere-design iklan berkonotasi negatif ke konotasi positif. Berikut contohnya
Poster diatas dibuat untuk Orang tua yang akan dilihatkan kepada anak muda. Kata-kata diatas sangat berkonotasi Negatif seakan generasi muda sudah semuanya terkena narkoba. biasanya kata-kata diatas sangat dihiraukan oleh anak muda yang selalu beranggapan masa muda adalah masa yang paling seru. Maka dari itu gue membuat kata yang lebih anak muda banget dan bisa diterima
Yaitu kata-kata "Awet Muda Tanpa Narkoba". Kita tau anak muda sering banget ngaca buat ngerapihin penampilannya dan paling sebel kalo dibilang tua diantara temannya. Maka dari itu kata-kata diatas sangat friendly dikalangan anak muda. Dengan kata simple dan nyentrik bakal lebih mudah untuk diterima.
Nah! kira-kira kayak gitu hasil dari re-design iklan layanan masyarakat yang gue buat.
Poster diatas dibuat untuk Orang tua yang akan dilihatkan kepada anak muda. Kata-kata diatas sangat berkonotasi Negatif seakan generasi muda sudah semuanya terkena narkoba. biasanya kata-kata diatas sangat dihiraukan oleh anak muda yang selalu beranggapan masa muda adalah masa yang paling seru. Maka dari itu gue membuat kata yang lebih anak muda banget dan bisa diterima
Yaitu kata-kata "Awet Muda Tanpa Narkoba". Kita tau anak muda sering banget ngaca buat ngerapihin penampilannya dan paling sebel kalo dibilang tua diantara temannya. Maka dari itu kata-kata diatas sangat friendly dikalangan anak muda. Dengan kata simple dan nyentrik bakal lebih mudah untuk diterima.
Nah! kira-kira kayak gitu hasil dari re-design iklan layanan masyarakat yang gue buat.
Comments
Post a Comment