Skip to main content
Halo penikmat internet, kali ini gue akan mengulas asik sebuah CONTEXT design pada iklan. Emang apaan si CONTEXT itu? CONTEXT bisa dibilang sebuah pesan yang dimaknai baik melalui sejarahnya, budaya, politik, psikologi, dan lain sebagainya. CONTEXT juga bisa bantu kita untuk mengetahui bagaimana sebuah komunikasi dibuat sehingga bisa efektif penyampaiannya kepada target yang kita tuju.

Nah! ternyata ada teori yang bisa menjelaskan penyampaian sebuah komunikasi. Kalian bisa liat disini 


Dari video diatas, kita bisa mendapatkan beberapa point penting yaitu:

  • Informasi yang memiliki nada positif lebih membuat audience merasa senang/baik
  • Orang-orang lebih cenderung bisa mengubah keyakinan mereka ke arah pendapat yang diinginkan
  • Informasi bisa mudah diambil oleh seseorang yang ingin mereka dengar dibandingkan informasi yang kurang mereka ketahui bahkan tidak mengetahuinya
  • Penggunaan kata positif dapat memotivasi seseorang dan menghilangkan rasa takut
  • Manusia lebih senang jika dipuji ataupun disanjung oleh orang lain.
Setelah kita tonton video yang diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa manusia lebih menghindari pesan negatif atau tidak menanggapi pesan tersebut karena target audience merasa itu bukan kabar baik. Tetapi kita bisa mengalahkan salah satu kelemahan manusia yaitu ingin merasa disanjung. Dengan cara ini pesan nada positif akan jauh lebih diterima dan efektif. Maka dari itu saya mere-design iklan berkonotasi negatif ke konotasi positif. Berikut contohnya

Poster diatas dibuat untuk Orang tua yang akan dilihatkan kepada anak muda. Kata-kata diatas sangat berkonotasi Negatif seakan generasi muda sudah semuanya terkena narkoba. biasanya kata-kata diatas sangat dihiraukan oleh anak muda yang selalu beranggapan masa muda adalah masa yang paling seru. Maka dari itu gue membuat kata yang lebih anak muda banget dan bisa diterima


Yaitu kata-kata "Awet Muda Tanpa Narkoba". Kita tau anak muda sering banget ngaca buat ngerapihin penampilannya dan paling sebel kalo dibilang tua diantara temannya. Maka dari itu kata-kata diatas sangat friendly dikalangan anak muda. Dengan kata simple dan nyentrik bakal lebih mudah untuk diterima.

Nah! kira-kira kayak gitu hasil dari re-design iklan layanan masyarakat yang gue buat.

Comments

Popular posts from this blog

The Most Influentil Message Ever | Star Mild Obsesi Fotografi

                    Hmm... nampaknya banyak banget nih yang gatau iklan Star Mild karya Dimas Djayaningrat. Di iklan ini ada orang yang terobsesi menjadi fotografer dan mendapatkan moment kecelakaan tak terduga dan ngeselinnya si korban harus ngasih ekspresi muka yang tidak natural kayak acting meringis kesakitan ala sinetron indonesia. tapi dibalik itu iklan ini memberikan impact ke gue yang lumayan kerasa sampe sekarang nih *azek. Gue inget banget ini iklan tahun 2007 dan dimana ditahun itu gue baru megang kamera pocket sodara gue yang lumayan agak mahal *ceilah gaya. Karena dulu lagi suka-sukanya foto dan ngelihati iklan ini gue jadi ngerasaiin vibe obsesi yang sama *ya maklum dulukan masih bocah.            Tapi dibalik iklan ini banyak banget makna menyindir di kehidupan sosial. Contohnya pada tahun itu orang yang memegang kamera bisa dibilang orang yang lumayan kaya pada masa itu sekaligus pada saat itu orang sangat menjaga privacynya ketika ada orang yang mau foto dirinya. T

My Big Fat Competitor

Halo para kaum nunduk. Di postingan kali ini gue akan menjadi anggota detective conan. karena gue disuruh riset makanan favorit gue walau bikin seret untuk dijadiin bahan saingan product gue. keren kan? pas riset trus foto product makanan ini di minimarket berasa ngintipin pacar mandi *eh. product yang gue riset adalah Choco-Pie dari Delfi. Choco-pie ini Salah satu merk kue berlapis coklat tebal yang didalamnya berisi marshmallow lembut . product ini terbilang cukup jarang ditemuin di minimarket yang kecil. mari kita review mulai dari productnya! Brand Choco-pie menjadi salah satu kue lembut berlapis coklat yang mendapatkan best selling di Korea. Dengan konsep "Enaknya santai bareng choco-pie" menjadikan produk ini laku dikalangan remaja hingga anak kuliahan. menurut social media delfiorion @delfiorion Choco-pie ini pas banget dimakan dikala istirahat atau menunda laper.  Beberapa info tentang Choco-Pie Delfiorion: CONTACT INFO m.me/DelfiOrion

Nestle KitKat - Kittu Kitsu | Analisa Produk Kitkat

Halo para kaum touchscreen. Hari ini gue mau menganalisa Nestle KitKat yang namanya udah gak asing lagi. Dengan Tagline "ada break ada kitkat" kita udah pasti tau produk KitKat satu ini dengan suara khas patahannya di dunia periklanan. namun kali ini gue mau membahas KitKat ini di negara maju yaitu Jepang. Kenapa? karena ada yang unik nih dalam segi marketing produk ini di Jepang. Di Jepang produk ini terbilang unik, karena produk KitKat ini bisa dibilang "KITTO KATSU" yang artinya "Surely Win" bahasa indonesianya "Pasti Menang" atau bahasa ngablaknya "asek lu menang dah". Bentar... tapikan ini beda banget sama tagline KitKat "Have a break, Have a KitKat". Bagi gue tagline ini gak ngeffect di Jepang. makanya tim marketing KitKat merubah menjadi "Kitto Katsu" yang sesuai dengan kebudayaan dan kebiasaan disana. Dan cerdasnya Nestle membuat suatu strategi cerdas memanfaatkan kata-kata itu. Dan jadilah &q